Kampoeng Dolanan adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam melestarikan permainan tradisional, konsepnya adalah mewujudkan pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Ki Hadi Sukatno melalui permainan tradisional dimana prinsip yang dipakai berupa semua orang adalah guru, setiap waktu adalah belajar dan alam raya adalah sekolahnya.

Kampoeng dolanan dibentuk pada tanggal 13 Desember 2016 di Surabaya. Selama perjalanannya hingga sekarang sudah menjalankan program sebanyak 275 program dan didalamnya terdapat 150 kali roadshow. Kampoeng Dolanan sudah menjalani roadshow di 25 kota 4 provinsi 3 pulau (Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau Sumatera) dan di 2 negara lain yaitu Singapore dan Malaysia. Kampoeng Dolanan kini sudah ada di dua kota yakni di Surabaya dan Kediri.

Kampoeng dolanan berlokasi di tanah PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sehingga secara status tanah warga yang tinggal disana tidak ber-SHM. Mimpi kampoeng dolanan adalah mewujudkan tempat wisata berbasis permainan tradisional di tanah tersebut. Hingga kondisi saat ini adalah mengubah mindset masyarakat yang sadar wisata melalui berbagai program-program yang dijalankan disana.

Saat ini kampoeng dolanan sudah berkembang dengan beberapa lini yakni pendidikan (sekolah dolanan, KD Roadshow, Data Center dan Culture Exchange), industri kreatif (bekel craft dan tekotek films), industri rumah (The Dakon’s Catering), profesional bisnis (Outbound Wodowo), pemberdayaan masyarakat (Berdaya Craft) dan sosial entrepreneurship (Dolipstore dan Jelajah Semambung). (mus/KD)