Masih dalam suasana peringatan Hari Santri, ribuan umat padati area Monumen Tugu Pahlawan Surabaya untuk menggelar Malam Tirakatan Resolusi Jihad Haul Para Syuhada dan Pahlawan, pada Selasa malam (29/10). Rangkaian acara pada malam hari itu meliputi Istighotsah, Sholawatan dan Pengajian yang dihadiri oleh KH. Marzuki Mustamar, KH. Reza Ahmad Zahid, penceramah kondang asal Jogjakarta KH. Ahmad Muwafiq serta para ulama Jawa Timur lainnya.

Warga Nahdliyin beserta para santri yang berasal dari Madura, Probolinggo, Gresik hingga Jember tampak hadir dalam peringatan tersebut, kehadiran mereka secara berombongan menggunakan kendaraan umum yang terparkir di muka area Tugu Pahlawan. Dilaksanakannya Haul ini sebagai pengingat bahwa dahulu santri bersama rakyat bersatu padu menjaga kedaulatan NKRI, melalui Resolusi Jihad yang di inisiatori oleh KH. Hasyim Asya’ri.

KH. Ahmad Muwafiq dalam ceramahnya menuturkan “Kemerdekaan bangsa Indonesia atas peran berbagai lapisan masyarakat, salah satunya para santri beserta ulama. Tanpa persatuan tersebut mustahil kemerdekaan yang kita rasakan saat ini bisa terwujud. Maka dari itu mari bersama-sama kita jaga kemerdekaan bangsa ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai bangsa yang besar dan berideologi Pancasila, kita harus ciptakan suasana rukun antar umat untuk membangun Indonesia sejahtera” tandasnya. (wn-an/ts)