Virus Covid-19 telah menyebar di dua ratus negara dunia, salah satunya Indonesia. Tiap hari pasien yang positif terinfeksi virus ini semakin bertambah termasuk jumlah kematian penderitanya. Hingga kini para petugas medis terus berusaha agar jumlah penderita bisa diturunkan termasuk dengan melakukan gerakan social distancing. Asrama maupun rumah sakit darurat juga didirikan sebagai ruang karantina sebagai upaya agar Covid-19 tidak menyebar luas.

Di Jawa Timur terdapat dua tempat yang masuk dalam zona merah, dan tentunya keadaan ini cukup mengkhawatirkan bagi masyarakat. Berbagai cara pencegahan penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan salah satunya dengan membagikan masker pada masyarakat. Kaspiyo salah seorang pengurus DPD KVRI Jatim mengatakan “Bersama PD PPM Jatim kami memberikan masker gratis pada masyarakat, ini adalah cara untuk menekan penyebaran virus Covid-19 agar masyarakat tetap sehat” tuturnya.

Pembagian masker gratis ini dilakukan di Jalan Pahlawan, Kota Surabaya pada Kamis siang (09/04). Para pengendara motor atau mobil yang tak menggunakan penutup wajah diberikan masker secara cuma-cuma. Hingga saat ini penerapan physical distancing telah diberlakukan di ruas Kota Surabaya. Termasuk imbauan supaya tidak bergerombol terus disosialisasikan, tujuannya tak lain agar masyarakat Surabaya tetap sehat. (cs/ts)