Khalayak Surabaya terutama kaum pria mempunyai tradisi yang sedari dulu hingga kini masih lestari, yakni memelihara burung merpati atau doro kenthongan. Memelihara burung jenis ini bukan sekadar tradisi, tapi juga hobi yang mengasikkan bagi peminatnya. Burung merpati dilatih untuk menjadi burung balap, dilepas jauh dari bekuponnya (kandang) dengan kisaran jarak 5 hingga 10 kilometer. Merpati yang lebih dulu pulang ke kandang dialah pemenangnya. Merpati tercepat dan juara harganya akan mahal di pasaran.

Tapi tahukah anda jika burung merpati atau doro kenthongan juga mempunyai nama dan sebutan berdasarkan warna. Nah bagi Arek-arek Suroboyo pehobi burung merpati, pasti istilah tersebut sudah tidak asing di telinga. Namun bagi anda yang tidak mengerti, pasti bingung membedakan karakter dan warnanya. Agar tidak salah sebut saat mengidentifikasi burung merpati yang ada di sekitar kita mari tengok informasi berikut ini.

MEGAN
Burung merpati yang mempunyai warna abu-abu dengan corak di sayapnya. Corak ini berupa garis berwarna hitam, bisa dua atau tiga strip.

SELAT
Burung merpati yang mempunyai kombinasi warna putih pada sayapnya. Misal, merpati megan mempunyai warna putih di sayapnya disebut megan selat, merpati klawu mempunyai warna putih di sayapnya disebut klawu selat dst.

KLAWU
Burung merpati yang mempunyai warna kelabu. Burung merpati ini memiliki campuran warna cokelat, hitam dan abu-abu pada bulunya.

GAMBIRAN
Burung merpati yang mempunyai warna cokelat polos dan merata pada bulunya.

PUPUR
Burung merpati yang mempunyai warna putih pada area wajahnya, mirip diberi bedak. Misal, merpati megan yang mempunyai warna putih di wajahnya disebut megan pupur dst.

SEMBUR
Burung merpati yang mempunyai warna tidak merata atau belang-belang. Merpati dengan corak ini juga disebut blontang.

MANGSI
Burung merpati yang mempunyai warna hitam polos di seluruh tubuhnya. Merpati warna ini juga disebut ireng meles atau jelitheng.

Nah itu tadi istilah atau sebutan burung merpati sesuai warnanya, yang hingga kini masih dipergunakan di Surabaya sebagai tetenger. Jadi jika seandainya disuruh memilih burung merpati, warna apa yang anda sukai ?

Cak Suro SHC